Pakar tempe asal Inggris, Jonathan Agranoff, menilai kualitas kedelai Indonesia jauh lebih berkualitas dibandingkan kedelai impor asal Amerika Serikat. "Keunggulan kedelai Indonesia adalah tidak modifikasi genetik, organik, rasa kedelainya enak sekali, air rendaman kedelainya pun jernih," katanya di Jakarta, Rabu (25/7).

Dia membandingkan kualitas kedelai lokal dengan kualitas kedelai asal AS. Dikatakannya, Australia dan negara-negara Eropa enggan mengimpor kedelai dari AS karena dugaan modifikasi genetik.

Purwokerto, Antara Jateng - Pakar pertanian dari Universitas Saga Jepang Prof Dr Shao Hui Zheng mengatakan Indonesia harus terus menciptakan varietas unggul kedelai guna meningkatkan produktivitas tanaman tersebut.

"Terus ciptakan varietas unggul kedelai, gunakan strategi-strategi yang ada," kata Prof Dr Shao Hui Zheng dalam acara "International Guest Lectures" di Fakultas Pertanian Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Purwokerto, Kamis.

Target produksi komoditas kedelai di Kabupaten Purworejo tahun 2016 gagal terpenuhi. Pemerintah pusat menargetkan budidaya kedelai pada lahan seluas 3.000 hektare, hanya hanya terealisasi 1.877 hektare.

Tidak terpenuhinya luasan tanam karena terjadi pergeseran jenis komoditas yang dibudidayakan petani. "Sebagian petani sentra kedelai mulai beralih menanam kacang hijau," ungkap Ir Eko Anang SW, Kepala Bidang Produksi Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Peternakan Kelautan dan Perikanan (DPPKP) Purworejo, mewakili Kepala DPPKP Ir Dri Sumarno, kepada KRjogja.com, Jumat (30/9).

Kedelai telah banyak diminati oleh industri makanan dan kesehatan sebagai bahan makanan sumber protein. Kacang ini mengandung kaya omega 3, lemak, vitamin B, seng, besi, lemak, serat, fitokimia, dan antioksidan.

Kedelai merupakan bahan makanan paling populer di kalangan vegetarian. Kedelai dalam tahu dan tempe banyak dikonsumsi sebagai pengganti protein hewani.

Kedelai mengandung isoflavon, yang berubah dalam tubuh menjadi fitoestrogen. Fitoestrogen mirip dengan hormon estrogen pada wanita.

Kamis, 13 Oktober 2016 06:21

5 Manfaat Kedelai Bagi Kesehatan

Peneliti menemukan bahwa kedelai memiliki manfaat yang banyak untuk tubuh manusia. Kedelai dapat menjadi tambahan yang sangat baik dalam menu makan kita. Untuk lebih jelas, ini dia manfaat kedelai bagi kesehatan yang harus kita ketahui:

Banyak orang yang beralih ke susu kedelai karena alergi terhadap laktosa, yang merupakan karbohidrat utama dalam susu sapi. Apa saja keunggulan dan kelemahan masing-masing susu ini?

Laktosa, karbohidrat utama dalam susu sapi, akan menyebabkan masalah pencernaan bagi beberapa orang. Orang-orang yang intoleran (tidak toleran) terhadap laktosa disebabkan karena kekurangan enzim laktosa, yang diperlukan untuk memecah laktosa.

Kamis, 13 Oktober 2016 06:05

Tiru Kebiasaan Orang Jepang Makan Kedelai

Setiap orang dianjurkan mengasup kedelai 50-90 mg per hari. Namun, orang Jepang mengasup kedelai jauh di atas rata-rata, 200 mg per hari. Kebiasaan sehat ini membuahkan hasil. Orang Jepang memiliki risiko lebih kecil dari sejumlah penyakit seperti kanker payudara dan kanker prostat. Bahkan perempuan Jepang memiliki kesehatan tulang lebih tinggi, sehingga risiko osteoporosis lebih rendah. Mereka juga mengalami berbagai gejala menopause lebih rendah dibandingkan perempuan di Amerika Serikat.

Beberapa waktu terakhir ini, kacang kedelai menjadi buah bibir masyarakat Indonesia karena mengalami kenaikan harga dan membuat para produsen tempe dan tahu mogok produksi. Akibatnya, makanan yang murah meriah itu pun menghilang dari pasaran, dan masyarakat kehilangan salah satu makanan sumber protein.

Halaman 1 dari 2

Kedelai Hitam Malika, Kedelai Berkualitas Asli Indonesia

11 Oktober 2016

Kecap dapat dikatakan sebagai salah satu pelengkap makanan yang kerap digunakan masyarakat Indonesia. Karena itu,...

Swasembada Kedelai, Indonesia Butuh 2 Tahun Lagi

11 Oktober 2016

Kementerian Pertanian menargetkan Indonesia bisa swasembada kedelai pada 2018 dengan penyaluran bantuan benih dan sarana...

Pamor Kedelai Edamame Indonesia Turun

11 Oktober 2016

Meski pun tidak begitu populer untuk dikonsumsi di dalam negeri, namun budidaya edamame cukup marak...

Mengapa pilih tempe untuk bisnis kuliner di London?

11 Oktober 2016

Seorang pemilik warung tempe di London mengatakan ia sangat suka tempe dan belajar di banyak...

Keseharian "bule penjual tempe" di London

11 Oktober 2016

Seorang warga Inggris yang memiliki warung tempe di London bercerita tentang kegiatannya dalam satu minggu...

Kunjungan Web

Hari ini1341
Kemarin2725
Minggu ini14725
Bulan ini54576
Total773395

Nampak
  • IP Anda: 18.206.13.39

August 2019
S M T W T F S
1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30 31
Copyright © 2019 Pekakekal (Pengembangan Kajian Kedelai lokal) All Rights Reserved.
Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Gadjah Mada